Selamat Datang di Blog Saya, Ayo gabung di blog ini dan dapatkan info menarik dan software terbaru lainnya

5 Kemampuan yang harus dimiliki wiraswasta


Pada dasarnya, wiraswasta adalah seseorang yang memulai bisnisnya dari bawah, di mana konsep dan segala idenya digunakan untuk mengelola perusahaan dalam jangka panjang. Selain itu, ada karakter khusus yang membedakan seorang wiraswasta dengan karyawan biasa.

Nolan Bushnell, pendiri Atari and Chuck E. Cheese's, percaya bahwa menjadi seorang wiraswasta sebenarnya tidak sulit.

"Semua orang punya ide, tetapi hanya ada beberapa yang mau mewujudkannya. Bukan besok, bukan minggu depan, tetapi sekarang. Wiraswasta sejati adalah pekerja, bukan pemimpi," demikian menurut Bushnell.

Pendapat yang hampir sama diungkapkan oleh Peter Drucker yang dikenal dengan sebutan 'The Father of Modern Management.' Menurutnya, wiraswasta harus bisa berinovasi, mampu melihat kesempatan dan mengubahnya menjadi sesuatu yang besar.


Apapun pendapat orang-orang tentang wiraswasta, para ahli dari University of Illinois Center jurusan Economic and Financial Education kemudian menyebutkan beberapa kemampuan yang harus dimiliki para wiraswasta.


  1. Kemampuan merencanakan sesuatu. Segala rencana bisnis untuk mencapai tujuan tertentu di berbagai bidang, termasuk keuangan, pemasaran, proses produksi, penjualan, dan tim harus bisa direncanakan dengan matang oleh wiraswasta.
  2. Kemampuan pemasaran. Memasarkan produk memerlukan skill khusus, sehingga orang-orang mau membeli barang atau memakai jasa para wiraswasta itu.
  3. Kemampuan interpersonal. Kemampuan yang satu ini berhubungan dengan cara membangun dan memelihara hubungan positif dengan pelanggan, klien, karyawan, investor, akuntan, dan pelaku bisnis lainnya untuk mencapai keberhasilan usaha.
  4. Kemampuan dasar manajemen. Meskipun seorang wiraswasta suatu saat membutuhkan karyawan tertentu untuk menjalankan bisnisnya, maka ia harus tahu dengan benar sumber daya manusia yang terbaik bagi usahanya.
  5. Kemampuan memimpin. Setiap bisnis pasti membutuhkan pemimpin untuk menunjukkan visi dan misi perusahaan agar menginspirasi karyawan demi mencapai tujuan sukses bersama.
    merdeka.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Follow me